IMPLIKASI COVID DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA KULINER DISEKITAR OBYEK WISATA PANTAI PANDANAN LOMBOK UTARA

Tama Krisnahadi

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi covid dengan pemanfaatan digital marketing terhadap pendapatan pelaku usaha disekitar obyek wisata Pantai Pandanan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu teknik penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan data-data yang telah dikumpulkan dengan memperhatikan dan merekam sebanyak mungkin aspek yang diteliti sehingga mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang kondisi yang sebenarnya. Langkah-langkah analisis data kualitatif pada penelitian ini yaitu: pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan  simpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implikasi dari pandemic covid sangat berpengaruh terhadap pendapatan pelaku usaha kuliner pada obyek wisata pantai pandanan dimana 85% dari total pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan dan hanya 15% yang mampu mempertahankan pendapatan di tengah pandemic bahkan dapat meningkatkan pendapatannya dengan cara memanfaatkan digital marketing serta meningkatkan pelayanan dan kualitas dari produk kuliner mereka.

 

 

Kata kunci: Pendapatan, Pelaku usaha UMKM, Covid 19




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tama Krisnahadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.