EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN GRUP HUBUNGAN KELEMBAGAAN DI BANK DKI

Aprilla Sinta Uli, Amir Fikri, Rini Yayuk Priyati

Abstract


Kinerja adalah isu aktual dalam organisasi karena apapun organisasinya, kinerja merupakan pernyataan kunci terhadap efektivitas atau keberhasilan organisasi. Organisasi yang efektif akan ditopang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu instansi pemerintah yang menjadi sorotan kinerja saat ini adalah Bank Daerah. Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah mempunyai tugas untuk menjadi bank regional modern dan bernilai tinggi yang menjaga keseimbangan antara keuntungan dan pembangunan DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi factor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan grup hubungan kelembagaan di bank DKI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian conclusive. . Lokasi penelitian yaitu di Kantor Pusat Bank DKI dengan populasi penelitian adalah seluruh karyawan dan pemimpin setingkat Grup di Kantor Pusat Bank DKI. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan dan pemimpin Grup Hubungan Kelembagaan di Bank DKI. Uji validasi terdiri dari validasi konvergen (loading factor dan Average Variance Extraced/AVE) dan validasi diskriminan (former Lecker dan cross loading). Uji realibilitas dilakukan dengan dua metode yaitu Cronbach’s alpha dan composiate reliability (CR) dengan nilai batas 0.7. Hasil penelitian menunjukkan Kinerja karyawan di Bank DKI didominasi oleh efektifitas kerja dan kemandirian karyawan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan antara lain Motivasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan kerja, Beban kerja,dan TQM.

Kata kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi, kinerja karyawan, Sumber Daya Manusia,Grup Hubungan Kelembagaan, Bank DKI

Keywords


Influencing Factors, Employee Performance, Human Resources, Institutional Relations Group, Bank DKI.

Full Text:

PDF

References


Akrani, A. S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Al-Damen, R. A. 2017. The Impact of Total Quality Management on Organizational Performance Case of Jordan Oil Petroleum Company. International Journal of Business and Social Science, 8(1), 192–202.

Dewi, P., Budiyanto, and Agustedi. 2020. The Role of Loyality in Moderating the Effect of Work Load on Employee Performance. Accounting, 6(7), 1217–1226. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.9.005

Ghozali, I. 2016. Desain Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Salemba Empat.

Ismunawan, U. 2018. Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pada Kantor Kecamatan Samarinda ULU Kota Samarinda. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial.

Kartika, Surachman, and Ratnawati. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV Putra Kaltim Samarinda. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 4(1).

Noor, S., and Rafiq, M. A. 2021. Discover the Employee Performance Dimensionality in Public Sector Organizations of Pakistan. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(4), 4991–5021.

Panagiotopoulos, G., Petta, E., and Karanikola, Z. 2018. The Contribution Of Motivation To Job Satisfaction: A Survey Of Technological Educational Institute Employees Of Western Greece. European Journal of Training and Development Studies, 5(3), 18–26.

Panjaitan, W. O., and Frisda, K. 2019. Analisis Efek Mediasi Lingkungan Pada Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Tesis Fakultas Manajemen Universitas Negeri Jakarta.

Poernomo, M. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Primarindo Asia Infrastruktur, Tbk. Jurnal ISSN 2355-9357 Vol 3 No 2, 3(2).

Sallis, E. 2017. Total Quality Management. Jakarta: Kogan.

Sarwono, W. S. 2019. Psikologi Remaja: Definisi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siam, L. H., and Kim, T. H. 2020. The Moderating Effect of Loyality on Total Quality Management and Satisfaction by Employees ’ Performance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17.

Taheri, R. H., Miah, M. S., and Kamaruzzaman. 2020. Impact of Working Environment on Job Satisfaction. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 5(6), 403–406. https://doi.org/10.36713/epra4849

Tjiptono, and Diana. 2017. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Perkebunan Nusantara III Rambutan. Tesis Universitas Dipenogoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aprilla Sinta Uli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.