Memahami “ Noun”Bahasa Inggris Dalam menentukan Lead Term Kodifikasi Diagnosis Menggunakan ICD-9 Pada Bab “ Operation on The Digestive System “

Nila Mayasari

Abstract


Perkuliahan Klasifikasi Klinis dan Bahasa Inggris adalah dua mata kuliah yang saling menunjang untuk mahasiswa kesehatan khususnya perekam medis dan informasi kesehatan. Namun  kompetensi Komunikatif Bahasa Inggris  belum sepenuhnya menjadi prioritas mahasiswa di jurusan DIII  Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Apikes Iris, ini dikarenakan mahasiswa belum menyadari pentingnya kompentesi bahasa inggris pada bidang rekam medis, karena bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan oleh WHO dalam ICD-10, Penelitian ini bertujuan untuk  memahami bentuk Noun dalam bahasa inggris adalah salah satu cara memudahkan coder dalam menetukan lead term. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Memahami cirri-ciri kata benda, (2) Mengidentifikasi dan mengklasifikasi kata benda dalam ICD-9 CM,serta (3) Menganalisis kata benda dalam ICD-9 CM. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dibagi atas 3 tahap yaitu persiapan, pengumpulan data dan analisis data.

Kata_kunci_1; Klasifikasi Klinis, kompetensi,pengodean, bahasa inggris

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nila mayasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.