KORELASI POWER OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP SHOOTING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA PERSILA BIMA

Sukarman Sukarman

Abstract


Dalam bermain sepak bola para pemain masih kurang memiliki kemampuan dalam melakukan shooting sehingga berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut. apakah ada korelasi power otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap hasil shooting dalam permainan sepak bola pada pemain Persila Bima. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian adalah Ingin Mengetahui apakah ada hubungan power otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap shooting dalam permainan sepak bola pada pemain Persila Bima. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitativ dengan rancangan penelitian korelasi product moment. Sampel penelitian ini adalah sebagian pemain persila bima. dengan jumlah sample 20 pemain atau menggunakan tekhnik studi populasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi ganda pada taraf signifikan 5% berdasarkan dari hasil analisis data. Menunjukan hasil penelitian terdapat  korelasi yang signifikan antara power otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap shooting pada pemain Persila Bima tahun 2018, terbukti R-hitung = 0,835 (R-hitung= 0,835>R-tabel=0,444).maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan power otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap hasil shooting pada pemain persila Bima.

Keywords


Power Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Shooting

References


Sucipto, dkk, 2000. Olahraga Untuk Pelatih, Pembina dan Penggemar.

Jakarta: PT. Sastra Budaya.

Bompa, Tudar A. 1983. Theory and Methodology of Training; The Key of Athletic Peiformance. Dibique. Iowa: Hunt Publishing Company.

Depdikbud. 1991/1992. Olahraga Pilihan Sepakbola. Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan 1972Pedoman

Daniel, Mielke. 2007. Dasar Bermain Sepakbola. Yogyakarta :IntanPermata. Jilidkedua.

Hulfian,Lalu.2015. Tes dan Pengukuran Dikjas . Lotim: Garuda Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v4i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sukarman Sukarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.