Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN Inpres Cenggu Tahun Pelajaran 2016/2017

Umi Kaltum

Abstract


Pembelajaran IPA bertujuan untuk mrmahami pengetahuan tentang fakta-fakta, konsep IPA, tetapi untuk mengembangkan keterampilan ini sikap dan nilai-nilai yang diperlukan untuk mencapai pengetahuan itu.denga kata lain, harus ada ada peningkatan pada minat dan hasil belajar IPA bukan hanya sebagai produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN Inpres Cenggu Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Desain Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan sesuai dengan model PTK Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus meliputi perencanaan (plan), tindakan, pengamatan, evaluasi  serta refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Inpres Cenggu Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi.  Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan minat belajar IPA Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN Inpres Cenggu Tahun Pelajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan persentase minat siswa yang selalu meningkat di setiap siklusnya. Persentase minat siswa pada siklus I  sebesar 68% , pada siklus II Sebesar  81%  (2) Penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas VI Semester Ganjil SDN Inpres Cenggu Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes belajar siswa dari siklus ke siklus II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan 68%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan 88%.


Keywords


Minat belajar, Hasil belajar, metode Eksperimen

Full Text:

PDF

References


Amin, Mohammad. 1987. Mengajar IPA dengan menggunakan metode discovery inquiry. Jakarta: Depdikbud

Aqib, 2007. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. S. 2010. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Renika Cipta.

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 6 KOTA BIMA. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40-46.

Mulyani Sumantri & Johar Permana (2001), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Maulana

Roestiyah. 2008. Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Samatoa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Sekolah Dasar.

Sofyan, Nurbaeti. 2004. Skripsi : Hubungan antara Minat dan Perhatian dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA pada SDN Labuang Baji I Makassar. Makassar: Universitas Veteran Republik Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Umi Kaltum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.