Peningkatan Kinerja Guru dalam melaksanakan Pembelajaran yang Efektif melalui Supervisi Observasi Kelas di SDN Wora Tahun Pelajaran 2020-2021

Safruddin Safruddin

Abstract


Supervisi observasi kelas tidak bisa terlepas dari penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran. Apabila di atas dikatakan, bahwa supervisi observasi kelas  merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran, maka menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dihindarkan prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kinerja Guru dalam melaksanakan Pembelajaran yang Efektif melalui Supervisi Observasi  Kelas Di SDN Wora Tahun Pelajaran 2020-2021. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan sekolah, Desain Penelitian Tindakan Sekolah yang digunakan sesuai dengan model Mc.Taggar. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi  serta refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SDN Wora Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 12 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan Angket.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa:  terdapat Peningkatan Kinerja Guru dalam melaksanakan Pembelajaran yang Efektif melalui Supervisi Observasi  Kelas Di SDN Wora Tahun Pelajaran 2020-2021, dengan nilai prosentase peningktan kinerja guru sebesar 58,33% pada siklus I dan 91,67 % pada siklus II.

 


Keywords


Kinerja guru, Pembelajaran efektif, Supervisi observasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 2010. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Renika Cipta.

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 6 KOTA BIMA. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40-46.

Depdiknas RI 2007, Peraturan No 12 Tentang Kompetensi Pengawas.Jakarta : Depdiknas.

Dwikoranto, 2017. Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui

Supervisi Akademik Di SMK

Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Tajdidiukasi, Volume VII, No. 2 Juli 2017

Glickman, C.D., Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. (2007). Supervisionand. Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Safruddin Safruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.