Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis dengan Menggunakan Media Flashcard di Kelas 1 SDN Kamunti Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Nursani Nursani

Abstract


Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Media Flashcard di Kelas 1 SDN Kamunti Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Desain Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan sesuai dengan metode PTK Aqib. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi serta refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Kamunti Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa.  Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat di tarik kesimpulan bahwa ada peningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Media Flashcard di Kelas 1 SDN Kamunti Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa sebesar 40,03% kategori kurang baik pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan kemampuan membaca dan menulis 83,79% pada kategori sangat baik.

 


Keywords


Kemampuan membaca dan menulis, Media Flashcard.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmin, N., & Nasir, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 6 KOTA BIMA. ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40-46.

Aqib, 2007, Penelitian tindakan kelas. Bandung : CV Yrama Widya

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Nurbiana Dhieni, Lara Fridani, Gusti Yarmi, & Nany Kusniaty. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsu Yusuf (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana. Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nursani Nursani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.