PENERAPAN METODE BERVARIASI PADA MATERI POKOK IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

ST. Saadiah

Abstract


Motivasi belajar siswa kelas X di SMPN 9 Kota Bima masih rendah dikarenakan penggunaan metode dalam pembelajaran yang belum sesuai. Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang hendak diajarkan, seperti pada materi ibadah haji dan umroh guru menerapkan metode bervariasi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, tindakan, dan angket. Sumber data pada penelitian ini diperoleh langsung di lapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mulanya dapat dinilai dengan kurang. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan motivasi belajar siswa semakin meningkat pada materi pokok ibadah haji dan umroh. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan motivasi siswa pada materi pokok ibadah haji dan umroh dapat dilihat berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa. Kondisi awal motivasi belajar siswa adalah 49,65. Pada Siklus I (Pertemuan I) meningkat menjadi 58,65, sedangkan pada Siklus I (Pertemuan II) mencapai 70,39. Pada Siklus II (Pertemuan I) motivasi belajar siswa meningkat menjadi 75,17, dan pada Siklus II (Pertemuan II) mencapai nilai 85,41. Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi belajar pada setiap siklus.


Keywords


Metode Bervariasi, Motivasi Belajar, Ibadah Haji dan Umroh

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Amaliyah, R., Akib, H., & Tambe, M. N. (2015). Pengaruh Metode Mengajar Bervariasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Jurusan Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Makassar. Jurnal Office, 1(2), 198-205.

Engkoswara. (1984). Dasar-dasarMetodologiPengajaran,Jakarta: BinaAksara.

Khairani, P. (2019). Penerapan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Tapanuli Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Khausar, K. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru Yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan. Genta mulia: jurnal ilmiah pendidikan, 5(2).

Kusumadewi, L. F., & Suharto, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik dengan Media Audio Visual melalui Metode Bervariasi. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 10(2).

Margono. S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Ruslan, R. (2018). Peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan metode bervariasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Syaiful Ahyar Lubis. (2006). Dasar-dasar Kependidikan, Bandung: Cipta Pustaka Media.

Syarifudin, Purwanto, Irawan, E. B., Sulandra, I. M., & Fikriyah, U. (2019). Student verbal interaction in geometry problem-solving through cognitive activities. International Journal of Instruction, 12(3), 167–182. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12311a

Sugiono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan metode dan media bervariasi dengan minat siswa dalam pembelajaran biologi tingkat SMP. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 134-142.

Wayan Nurkancana. (1996). Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.3450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ST. Saadiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.