PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 1 JAGARAGA

Ide Wayan Brahmanda Manu Wedham, Ida Ermiana, Heri Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang teruji dari segi ahli media dan ahli materi untuk melatih kemampuan membaca peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D (Research and Development) dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi dan tes. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 1 Jagaraga. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa skor dari validator media memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak, skor validator materi memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak dan skor respon siswa memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat baik. Dan perubahan rata-rata nilai seluruh peserta dididk dari rata-rata 67,6 menjadi 90 yang artinya bahwa media puzzle suku kata ini dapat digunakan untuk melatih kemampuan membaca peserta didik.

Keywords


Syllable puzzle media, students' reading ability

Full Text:

PDF

References


Alfiatun, N. Aditya, M., & Wulan. C. 2013. Efektifitas Kombinasi Kooperatif Time Token dengan Picture Puzzle Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Of Biologi Education. Vol 2 No 2. Hal 174-180.

Batubara, H. H. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol 3 No 1. Hal 12-27.

Boliti, Sukamong. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing. Jurnal kreatif Tadulako Online. Vol 2 No 2. Hal 12-23.

Gumanti, Tatang Arya, dkk. 2016. Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Novitasari, E. Supurwoko, Surantoro. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Berbentuk Permainan Ular Tangga Materi Alat Optik untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1 No 1. Hal 37-45.

Purwantoko, R, A. Susilo. Sutikno. 2010. Keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle terhadap pemahaman IPA pokok bahasan kalor pada siswa SMP. Jurnal PendidikanFisika Indonesia. Vol 6 No 2. Hal 123-127.

Sujarwo,Sawi. Oktavian, Rina. 2017. Pengaruh Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas VIII SMP N 37 Palembang. Jurnal Pendidikan Islami.Vol.3 No. 2. Hal 33-42.

Yulianada. Sagita, Julius. W, Prayuningtyas Angger. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Pendidikan Karakter Pada Subtema 4 Tema 2 Kelas II Sekolah Dasar. Dinamika Sekolah Dasar. Vol 1 No 1. Hal 1-11




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ide Wayan Brahmanda Manu Wedham, Ida Ermiana, Heri Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.