Proses Analisis Jabatan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bima

Junaidin Junaidin

Abstract


Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur aparatur sipil negara sekaligus pelaksana penyelenggaraan administrasi umum dan administrasi pembangunan berfungsi sebagai motor penggerak jalannya pemerintahan yang kuat, efektif, efisien dan akuntabel. PNS yang diperlukan bukan hanya yang memiliki keterampilan dan kemampuan profesionalis, melainkan juga diperlukan perubahan sikap mental dan yang memiliki etika dan moral yang tinggi serta dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat. Masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah proses analisis jabatan Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses analisis jabatan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bima. Untuk membahas Skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian yaitu Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 orang responden dengan perincian kepala Bapedda, Kepala Bagian, Sekretaris dan Staff Pegawai pada kantor Bappeda Kota Bima. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada 3 tahap penting dalam proses analisis jabatan, yaitu (1) mengumpulkan informasi, (2) menganalisis dan mengelola informasi jabatan, dan (3) menyusun informasi jabatan dalam suatu format yang baku. Analisis jabatan yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan uraian jabatan yang baik pula, dan kemudian dapat dijadikan bahan baku yang baik untuk proses pengelolaan Sumber Daya Manusia yang lain (evaluasi jabatan, rekrutmen dan seleksi, manajemen kinerja, penyusunan kompetensi, pelatihan)

Keywords


Analisis Jabatan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bima

References


Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nitisemito, Alex. 1996. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta : PT. Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari. 2003. Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hasibuan, Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Menteri Dalam Negeri. 2005. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2005 Tentang Pedoman Analisis Jabatan Di Lingkungan Departemen Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah. Jakarta.

Moekijat. 2008. Analisis Jabatan. Bandung : CV. Mandar Maju.

_______. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Kepegawaian). Bandung : CV. Mandar Maju.

Pemerintah Kabupaten Bima. 2008. Penjabaran Peraturan Daerah Kabupaten Bima Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Susunan, Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bima pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima. Bima.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1995, Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta.

Mangkuprawira, Sjafri. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta. PT. Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, 2001, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Umar Husein. 2003. Metode Riset Organisasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i2.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.