Implementasi Kerukunan Masyarakat dalam upaya Meminimalisir potensi terjadinya Konflik internal di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima

Suherman Suherman

Abstract


Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi kerukunan di daerah sasaran; (2) Untuk mengetahui  dan menjelaskan bagaimanakah bentuk kerukunan masyarakat dapat mencegah terjadinya konflik Internal di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif. Selain itu, penelitian ini merupakan bagian dari kegiatan Partisipatory Action Researche (PAR) Pembentukan Wadah Kerukunan dan Ketahanan Masyarakat Lokal. Sasaran penelitian ini adalah masyarakat/umat beragama di wilayah Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Provinsi NTB. Pemilihan wilayah ini sebagai sasaran penelitian dikarenakan beberapa faktor. Pertama, wilayah Kecamatan Donggo terpencil di pegunungan dan terpisah oleh teluk dengan Kota Bima; Kedua, menurut Koentjaraningrat sebagaimana dikutip oleh Rahman, etnis Donggo termasuk tipe masyarakat pedesaan dan tidak mengalami gelombang pengaruh kebudayaan luar.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kerukunan di wilayah Kecamatan Donggo cukup baik. Meski di wilayah ini terdapat tiga kelompok penganut agama tetapi mereka dapat hidup berdampingan secara damai. Konflik yang pernah terjadi berupa: konflik vertical, horizontal dan dan potensi konflik pun dapat terminimalisir beerkat upaya dan kiat serta peran serta seluruh element yang ada di Kecamatan Donggo.


Keywords


Pelaksanaan Kerukunan, Potensi Konflik, Kecamatan Donggo

Full Text:

PDF

References


Wadah Kerukunan Antar Umat Beragama di Berbagai Daerah. Jakarta: Departemen Agama RI Badan Litbang dan Diklat, 2007.

Khamenei, I.A. (2005). Perang kebudayaan. Jakarta. Cahaya.

Meleong L.J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Orient. (1999). Kerajaan Bima Jakarta: Yayasaan Obor Indonesia ecole francaise d’Extreme

Kustini, “Kajian Tentang Revitalisasi Wadah erukunan Umat Beragama di Provinsi Bali, Studi Perkembangan FKUB Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng”, dalam Tim Peneliti Puslitbang Kehidupan Keagamaan,

Marzali, Amri, Kearifan Budaya Lokal dan Kerukunan Bearagama, (makalah t.t.). Jakarta: 25 Agustus 2005.

Rahman, M. Fachrir, Drs. H. MA., Islam di Bima: Kajian Historis Islamisasi Era Kesultanan.Mataram: Alam Tara Learning Institute, 2011.

Rahman, M. Fachrir, Drs. H. MA., dan Nur ukminah, Nika Mbojo Antara Islam dan Tradisi. Mataram: Alam Tara Learning Institute, 2011.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahadat, A. Malik, Drs. , Poso Kemarin, Hari Ini dan Esok, (makalah t.t.). Poso: 2007.

Yoeti, Oka A., Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suherman aman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.