Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima

Amran Amran, Nehru Nehru, Olahairullah Olahairullah, Erni Suryani

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatan hasil belajar siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima.  Penelitian dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Bima, subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII sebanyak 30 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh pembelajaran yang berlangsung pada siklus I belum mencapai indikator kerja yang telah ditentukan sebelumnya yaitu ketuntasan belajar siswa baru  mencapai ketuntasan klasikal sebesar 66,17%, pada siklus II juga belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu 73,50%, pada siklus III telah memenuhi ketuntasan klasikal sebesar  88,50%. Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa yang baik terhadap implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima

Keywords


Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1)

Ahmadi. (2004). Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Anazifa, (2016). “The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking and Student Achievement in the Bantul Senior High School”. Paper for an International Conference on Educational Research and Innovation.Journal of Primary Centre Education.1(2): 33-34.

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriatna, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nehru Nehru, Amran Amran, Olahairullah Olahairullah, Erni Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.