PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN ADDIE E-LEARNING MATERI BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA

Nila Ratna Dewi

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model desain instruksional ADDIE adalah model instruksional generik yang menyediakan proses terorganisir untuk mengembangkan bahan ajar. Model sistemik ini adalah proses siklus lima langkah yang dapat digunakan untuk instruksi tradisional dan online. Kelima langkah tersebut adalah menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Sampel penelitian ini adalah 36siswa siswi di SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari rencana pembelajaran semester (RPS), kontrak perkuliahan, media pembelajaran, dan instrumen evaluasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa validitas perangkat pembelajaran sebesar 90,4% dan berada pada kategori sangat valid dengan sedikit revisi. Kemudian, kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan penerapan RPS dan hasil observasi sebesar 94% yang menunjukkan kategori sangat praktis untuk digunakan. Keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil tes belajar siswa adalah 80,45% yang menunjukkan kategori efektif. Dengan demikian, hasil penelitian ini valid, praktis, dan efektif.

Keywords


Addie Learning Design E-Learning English Materials High School Students

Full Text:

PDF

References


Akhlis, I., & Dewi, N. R. (2014). (Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri berbasis solusi penyimpangan budaya menggunakan TIK untuk mengembangkan karakter siswa). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 86-94.

Amiel, T., & Reeves, T.C. (2008). Riset dan Teknologi Pendidikan Berbasis Desain : Memikirkan Kembali Teknologi dan Agenda Riset. Teknologi Pendidikan & Masyarakat, 11 (4), 29–40.

Amir, M.F. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah kontekstual untuk meningkatkan keterampilan metakognisi siswa sekolah dasar. Jurnal Medives: Jurnal Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117-128.

Belaya, V. (2018). Penggunaan E-learning dalam Kejuruan dan Pelatihan (VET): Sistematisasi Pendekatan Teoritis yang Ada. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 92-101.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Diamantopoulou, K. Studi Banding Model Desain Pendidikan untuk E-Learning. Keuntungan, Kerugian, Aplikasi dan Latar Belakang Teori. Tesis Master, Universitas Aegean, Rhodes, Yunani, 2017. Tersedia online: https: //hellanicus.lib.aegean.gr/handle/11610/18140 (diakses pada 23 Juli 2021).

Dick, W., & Carey, L. (1996). Desain Sistematis Pembelajaran. Dalam Jurnal Psikiatri Inggris.

Granito, M., & Chernobilsky, E. (2005). Pengaruh Teknologi Terhadap Motivasi dan Retensi Pengetahuan Siswa. Prosiding Konferensi NERA, 17, 1-22

Grinager, Heather. 2006. Bagaimana Teknologi Pendidikan Mengarah pada Peningkatan Prestasi Siswa. Musyawarah Nasional Badan Legislatif Negara. Masalah Pendidikan.

Kakkou, E. Penggunaan Aksara Pendidikan pada Anak Prasekolah. Tesis Master, Universitas Patras, Patras, Yunani, 2022. Tersedia online: http://repository.library.teiwest.gr/xmlui/handle/123456789/10193 (diakses pada 10 September 2022).

Kiliçkaya F Krajka J dan Latoch-Zielińska M, 2014 E-learning dalam Bahasa Asing Instruksi di Turki: Model Kurikulum dan Pedoman Desain Kursus Uşak niversitesi Sos. Bilim. Derg. 7, 3 hal. 165-183.

Kurniawan, A.R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis pendekatan penemuan terbimbing untuk melatih keterampilan proses siswa sekolah dasar. Review Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(2), 175-183.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Inovatif, 1(1), 62-69.

Masino, Serena dan Zarazua, Miguel Nino. 2016. Apa yang Berfungsi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Negara Berkembang?. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan. Jilid 48 Halaman 53-65.

Penawaran, J., & Bos, B. 2009. Desain dan penerapan kursus berbasis teknologi di kelas matematika. Komputer & Pendidikan, 53(4), 11331137

Pattanpichet, Fasawang, (2011). 'Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Prestasi Berbicara Bahasa Inggris Siswa', Journal of College Teaching & Learning, 8.11.

Putri, R. D. K. N., & Amir, M. F. (2021). Tahapan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui modifikasi media apron untuk anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pengembangan Metode Pendidikan Indonesia, 14(1), 1-6.

Rahma, A.N. (2012). (Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri dengan pendekatan himpunan kelarutan materi dan hasil kali kelarutan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan empati siswa terhadap lingkungan). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Penelitian Pendidikan, 1(2), 134-138.

Rusman, et al. 2013. Information and Communication Technology Based Learning. Jakarta: Rajawali Press.

Seels, B., & Glasgow, Z. 2008. Membuat keputusan desain instruksional. Selamat.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran spasial di SMP dengan pendekatan problem based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210

Tiantong, Monchai. 2008. “Teknik Student Team Achievement Divisions (STAD) melalui Moodle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar”. Studi Pendidikan Internasional: Vol. 6, No. 4, hal. 85-92

Wu, W., Huang, J., Han, C., & Zhang, J. (2022). Mengevaluasi umpan balik rekan sebagai bantuan pelengkap yang andal dan valid untuk umpan balik guru di kelas menulis EFL: Perspektif pemberi umpan balik. Studi Evaluasi Pendidikan, 73, 101140.

Zagoto, M.M., & Dakhi, O. (2018). (Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI SMA). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nila Ratna Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.