Manajemen Akselerasi Baca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Ulum Beraim Praya Tengah Lombok Tengah

Anwar Musaddad, Suprapto Suprapto, Abdul Quddus

Abstract


Keberhasilan suatu program ditentukan dengan manajemen yang baik, dengan memaksimalkan fungsi-fungsi manajemen diyakini mampu mensukseskan program tersebut. Kitab kuning merupakan salah satu unsur pokok pondok pesantren, maka dari itu, untuk melestarikan dan mengembangkan kajian kitab kuning, maka harus diterapkan strategi-strategi jitu. Tantangan besar bagi setiap pondok pesantren adalah bagaimana mengajarkan kitab kuning yang efektif dan efesien. Strategi bandongan/wetonan dan sorogan yang biasa diterapkan di pondok pesantren dirasa masih kurang efektif, maka untuk mengakselerasikan baca kitab kuning hendaknya dilakukan pendalaman bahasa Arab baik secara aktif maupun fasif.

Penelitian ini berada di pondok pesantren Darul Ulum Beraim Praya Tengah Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


 


Keywords


Manajemen Akselerasi Kitab Kuning Bahasa Arab

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anwar Musaddad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.