Pengaruh Latihan Side Hop Dan Single Leg Lateral Hop Terhadap Power Otot Tungkai Dan Frekuensi Tendangan Pada Atlet Iba Mma Undikma Camp Tahun 2022

Elya Wibawa Syarifoeddin, Derajat Muhaidin

Abstract


Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan side hop dan single legs lateral hop terhadap power otot tungkai dan frekuensi tendangan pada atlet IBA MMA Undikma Camp tahun 2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota IBA MMA Undikma Camp tahun 2022, yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan yang memenuhi kriteria berjumlah 18 orang yang dibagi kedalam 2 kelompok. Penentuan sampel dalam tiap kelompok dilakukan dengan metode ordinal pairing berdasarkan hasil rangking power otot tungkai yang dilaksanakan pada saat tes awal (pretest) dimana ditetapkan yang pertama adalah kelompok latihan side hop dan yang kedua kelompok latihan single leg lateral hop. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus t-test (uji-t). Berdasarkan hasil analisa data diperoleh: 1) Pada kelompok side hop terhadap power otot tungkai diketahui bahwa nilai t-hitung yaitu 12,818 > 1,860 sehingga diinterpretasikan hipotesis nihil (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif  (Ha) diterima. 2) Pada kelompok latihan side hop terhadap frekuensi tendangan diketahui bahwa nilai t-hitung  lebih besar dari nilai  t-tabel yaitu 15,778 > 1,860 sehingga diinterpretasikan hipotesis nihil (H0) ditolak; dan hipotesis alternatif  (Ha) diterima. 3) Pada kelompok single leg lateral hop terhadap power otot tungkai diketahui bahwa nilai t-hitung yaitu 11,895 > 1,860 sehingga diinterpretasikan hipotesis nihil (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif  (Ha) diterima. dan 4) Pada kelompok latihan single leg lateral hop terhadap frekuensi tendangan diketahui bahwa nilai t-hitung  lebih besar dari nilai  t-tabel yaitu 15,495 > 1,860 sehingga diinterpretasikan hipotesis nihil (H0) ditolak; dan hipotesis alternatif  (Ha) diterima.  Sehingga disimpulkan: 1)  Ada pengaruh latihan side hop terhadap power otot tungkai pada atlet IBA MMA Undikma Camp tahun 2022; 2) Ada pengaruh latihan side hop terhadap frekuensi tendangan pada atlet IBA MMA Undikma Camp tahun 2022; 3) Ada pengaruh latihan single leg lateral hop terhadap power otot tungkai pada atlet IBA MMA Undikma Camp tahun 2022; dan 4) Ada pengaruh latihan single leg lateral hop terhadap frekuensi tendangan pada atlet IBA MMA Undikma Camp tahun 2022.


Keywords


Latihan Side Hop, Latihan Single Legs Lateral Hop, Power Otot Tungkai dan Frekuensi Tendangan

Full Text:

PDF

References


Harsono. 2015. Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alvabeta CV.

Sandler David. 2005. Sports Power. North Shore City : Human Kinetics.

Sidik Dikdik Zafar, Pesurnay Paulus, dan Afari Luky. 2019. Pelatihan Kondisi Fisik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wikipedia. 2017. https://id.wikipedia.org/wiki/ Seni_bela_diri_campuran. diunduh tanggal 20 Desember 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.4777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elya Wibawa Syarifoeddin, Derajat Muhaidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.