Manajemen Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Smkn 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat

Abdul Malik Amrullah, Yudin Citriadin, Muhammad Thohri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan TIK di SMKN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat dan mengetahui manajemen penggunaan TIK guru Pendidikan Agama Islam dilihat dari POAC (Planning Organizing, Actuating and Controling) di SMKN 1 Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif (kualitatif research) atau naturalistik. Spesifiknya penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kulaitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan membedah penelitian ini adalah 1) pengumpulan data 2) display data 3) data condensation dan 4) verifikasi data.Hasil dari penelitian ini adalah pertama Kinerja guru dalam pembelajaran didukung penggunaan TIK terutama untuk mencari bahan ajar utama maupun pengayaan, penyediaan materi ajar, sebagai media pembelajaran, membantu perumusan dan pembuatan soal, pengelolaan nilai, dan penyimpanan file. Walaupun begitu banyak guru yang kurang paham penggunaan TIK dalam pembelajaran. Kedua Pengelolaan TIK dalam pembelajaran PAI tanpa perencanaan khusus apalagi evaluasi. Pengelolaan ada fokus pada pemanfaatannya sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran tanpa arahan lembaga. Pengelolaan pemanfaatan TIK lebih dominan untuk pembelajaran belum menjadi sistem pembelajaran menyeluruh (learning managemen sistem).

Keywords


Management, information communication technology, teacher performance.

Full Text:

PDF

References


Citriadin, Yudin. (2020). Metodologi Penelitian Kualitataif. Mataram: UIN Mataram.

Hamid Patilima. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Japar, Muhammad. (2018). Teknologi Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Sosial.

Jhon W. Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi Keempat, cet. I. Yogyakarta:Pustaka Pelaja.

Moleong, J. Lexy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

______________. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

______________. (2006). Metodologi. Bandung: Remaja Rosdakaria.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, Irawan. (1995). Metodologi Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo.

Syamsuddin. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Malik Amrullah, Yudin Citriadin, Muhammad Thohri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.