Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Matakuliah Matematika Diskrit

Pujilestari Pujilestari, Eliska Juliangkary

Abstract


Respon peserta didik dalam pembelajaran yang dilakukan pengajar merupakan tanggapan dan reaksi dari peserta didik terhadap pengkondisian pembelajaran yang dilakukan pengajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penggunaan Aplikasi Google Classroom pada matakuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini dilaksanakan mulai semester ganjil tahun akademik 2020/2021 pada Mahasiswa semester V matakuliah Matematika Diskrit sebanyak 34 orang, Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA Mataram. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket/kuisioner dengan menggunakan google form. Indikator untuk mengukur respon mahasiswa yaitu 1) penerimaan mahasiswa pada kemudahan Google Classroom dan performa Google Classroom untuk pembelajaran pada matakuliah Matematika Diskrit yang terdiri dari Isi (content) (1.a), Akurasi (accuracy) (1.b), Bentuk (format) (1.c), Ketepatan Waktu (timeliness) (1.d), Kemudahan Penggunan (ease of use) (1.e), Keamanan dan Privasi (security and privacy) (1.f), dan Kecepatan Respon Media (1.g). dan 2) Kepuasan Pengguna (user satisfaction) Google Classroom. Respon mahasiswa pada indikator 1) penerimaan mahasiswa pada kemudahan Google Classroom dan performa Google Classroom untuk pembelajaran pada matakuliah Matematika Diskrit rata-ratanya sebanyak 79.70% mahasiswa sangat setuju dan 18.64% mahasiswa setuju mahasiswa dan hanya sebesar 1.66% mahasiswa menyatakan tidak setuju. Dan  indikator 2) Kepuasan Pengguna (user satisfaction) Google Classroom yaitu rata-rata Respon mahasiswa sebanyak 86.76% mahasiswa sangat setuju dan 11.76% mahasiswa setuju mahasiswa dan hanya sebesar 1.47% mahasiswa menyatakan tidak setuju. Dengan hasil yang demikian, penggunaan aplikasi Aplikasi Google Classroom pada matakuliah Matematika Diskrit mendapat respon yang baik.

Keywords


Respon, Aplikasi Google Classroom, Matematika Diskrit

Full Text:

PDF

References


Arifin, N., Trinova, N. G. I., & Belo, D. R. T. (2020). Pelatihan Penggunaan Schoology Pada Guru SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 674-680.

Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2021). Hasil Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom Pada Matakuliah Matematika Diskrit. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2021). Penerapan Aplikasi Google Classroom Dalam Matakuliah Matematika Diskrit Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Lestari, D., & Waryanto, N. H. (2013). Indikator User Satisfaction Dalam Layanan E-Learning. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978-979).

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Utami, R. (2019, February). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 498-502).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Utami, R. (2019, February). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 498-502).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pujilestari Pujilestari, Eliska Juliangkary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.