Efektivitas Pelayanan Administrasi Online di Masa Pandemi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa

Margareth Rantung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana Efektivitas Pelayanan Administrasi Online di Masa Pandemi di Dinas Kependudukanndan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa.  Penelitian ini bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil yang didapatkan adalah; 1). Ketepatan sasaran program,  sudah jelas, tapi pada pelaksaannya ketetapan sasaran ini  belum berjalan dengan baik; 2). Sosialisasi program administrasi online belum dilaksanakan secara optimal, dimana belum semua masyarakat mengetahui program ini; 3). Program ini tidak berjalan sesuai dengan tujuannya karena di kantor Disdukcapil Kabupaten Minahasa masih banyak orang yang datang langsung untuk pembuatan berbagai keperluan administrasi sehingga masih terdapat kerumunan yang mungkin akan meningkatkan resiko peneluran virus Corona; 4). Pemantauan yang dilakukan pada program belum dilaksanakan secara optimal karena berbagai keterbatasan seperti jaringan yang belum memadai bagi semua kalangan masayarakat serta keterbatasan penyedia layanan yaitu pegawai yang kesulitan menghadapi pelayanan online ini.

Keywords


Effectiveness, Online Administration, Pandemic Period.

Full Text:

PDF

References


lucia maria aversa Villela, “Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja sektor publik. yogyakarta: UPP AMP YKPN.,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2013.

S. P. Siagian, Filsafat Administrasi, Edisi revi. Jakarta.: Bumi Aksara, 2008.

Ratminto and A. S. Winarsih, “Manajemen Pelayanan,” Manaj. PELAYANAN PENANGGULANGAN KASUS HIV-AIDS DI KOTA YOGYAKARTA Gerry, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

L.Moleong, “Metode peneltian,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

M. B. Miles and ;A Michael Huberman, “An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis,” Archives of Gynecology and Obstetrics. 1992.

A. Kriswibowo, K. Khothimah, and R. Ardhana, “EFFECTIVENESS OF URBAN FARMING POLICIES AND ECONOMIC HEROES IN POVERTY REDUCTION IN THE CITY OF SURABAYA,” NATAPRAJA, vol. 8, no. 1, 2020.

“Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : 81 Tahun 1993.” .

“Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 pelayanan publik atau pelayanan umum.”




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i2.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Margareth Rantung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.