Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang

Rr. Pramita Surya Hasanah, Karwanto Karwanto, Muhamad Sholeh

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan formulasi strategi pemasaran, implementasi strategi pemasaran dan evaluasi strategi pemasaran dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMA Negeri Jogoroto Jombang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan proses dan pengumpulan dan analisis  data, hasil dari penelitian ini meliputi 1) formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatakan citra sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang; a) menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah. b) menentukan segmentasi pasar. c) menjalankan strategi pembiayaan. d) memanfaatkan strategi promosi. e) meningkatkan sumber daya manusia. f) meningkatkan kualitas lulusan. g) mengadakan sarana prasarana yang memadai. h) memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. i) memperbanyak upaya kerjasama. 2) Implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang; a) melaksanakan kegiatan promosi. b) menyelenggarakan ajang kompetisi. c) melakukan pembiasaan. d) meningkatkan kegiatan ekstrakulikuler. e) menjalankan segala bentuk kerjasama. f) menunjukkan kualitas lulusan. g) melaksanakan koordinasi dalam segala kegiatan. 3) Evaluasi pemasaran sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang; a) melakukan evaluasi pada setiap sektor kegiatan. b) mengevaluasi hasil belajar siswa. c) melakukan penilaian kepentingan publik.


Keywords


Pemasaran Sekolah, Citra

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2003. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Miles dan Hubberman, 1992. Analisis Data Kualitatif. Alih Bahasa: Rohidi, TR. Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, 2014. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi AKsara.

Nur Kancana P.P.N Sunartana, Wayan, 1986. Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Naional.

Purwanto dan Atwi Suparman, 1993. Evaluasi Program Diklat, sekolah tinggi ilmu administrasi, Jakarta: lembaga administrasi negara.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Alfabeth: Bandung.

Wijaya, David, 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan, Jakarta: Salemba Empat. Musfiqon, M, 2015. Mendesain Sekolah Unggul, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Yusuf Tayipnapis ,Farida, 2000.Evaluasi Program, Jakarta; Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rr. Pramita Surya Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.