IDEOLOGI NASIONALISME DALAM BUKU BACAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH JENJANG SMA

Alvin Dio Wardanu, Kisyani Laksono, Dianita Indrawati, Rizky Abrian

Abstract


Pembuatan buku bacaan gerakan literasi sekolah tidak lepas dari penanaman ideologi, tidak terkecuali Ideologi Nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Ideologi Nasionalisme pada buku gerakan literasi sekolah pada jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis (kepustakaan). Jumlah total buku yang ada pada laman GLN ialah enam buku bacaan jenjang SMA. Hasil yang didapatkan bahwa buku GLS jenjang SMA Cerita Untuk Kirana, Hikayat Datuk Hitam dan Bajak Laut, Awan Putih Mengambang di Cakrawala, Hikayat Bayan Budiman, dan Pertarungan Seri 1 terdapat Ideologi Nasionalisme. Sedangakan pada buku berjudul Manarmakeri tidak mengandung Ideologi Nasionalisme. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini bahwa sebanyak 5 buku GLS jenjang SMA terdapat Ideologi Nasionalisme, sedangakan pada 1 buku GLS jenjang SMA tidak mengandung Ideologi Nasionalisme.


Keywords


Ideologi nasionalisme, Gerakan literasi sekolah, SMA

Full Text:

PDF

References


Darma, Y.A. (2009) Analisis Wacana Kritis. Bandung: CV Yrama Widya.

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/category/modul-gls/.

Hutasoit, Anita. R. (2021) ‘Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Rakyat dari Sumatera Utara Berbasis Nilai Budaya untuk Gerakan Literasi SD Free Methodist 2 Medan’, Digital Repository UNIMED [Preprint].

Kemendikbud (2018) Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Gerakan Literasi Sekolah.

Kemenkopmk (no date) https://www.kemenkopmk.go.id/. Available at: https://www.kemenkopmk.go.id/ (Accessed: 5 September 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin Dio Wardanu, Kisyani Laksono, Dianita Indrawati, Rizky Abrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.