Peningkatan Kreatifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Heuristik Pada Matakuliah Basic Reading

Waliyudin Waliyudin, Ahmadin Ahmadin, Annisah Annisah, Umar Sagaf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar mahasiswa semester II program studi pendidikan bahasa Inggris di STKIP Taman Siswa Bima tahun ajaran 2020/2021 pada mata kuliah basic reading dengan menggunakan strategi Heuristik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan menggunakan one group pretest-posttest. Peneliti sebelumnya memberikan pre-test kepada kelompok yang akan diberikan perlakuan. Kemudian peneliti melakukan perlakuan atau treatment. Setelah selesai perlakuan, peneliti memberikan post-test. Penelitian ini dilakukan di STKIP Taman Siswa Bima, dan yang menjadi sampel adalah mahasiswa Program studi pendidikan Bahasa Inggris semester II yang berjumlah 22 orang mahasiswa yang terdiri dari satu kelas. Pada penelitian ini mahasiswa diberikan pre-test untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan awal pada skil basic reading, dan tingkat kreatifitas yang dimiliki oleh mahasiswa. Lalu diberikan treatment berupa pengajaran dengan menggunakan strategi heuristik, setelah itu dilakukan post-test untuk mengetahui peningkatan kreatifitas dan hasil belajar mahasiswa. Adapun hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat peningkatan kreatifitas dan hasil belajar mahasiswa setelah melakukan tretmen dengan menggunakan strategi pembelajaran heuristik. Hal ini terlihat dari skor minimum yang didapat oleh mahasiswa dari hasil post-test yaitu 73, sedangkan nilai maksimum 96, sehingga nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa adalah 81,09.


Keywords


Kreatifitas, Pembelajaran Heuristik, Reading

Full Text:

PDF

References


Annisah & Waliyudin. 2017. Penerapan ekstensif reading untuk penggembangan kemampuan membaca mahasiswa semester V program studi Bhs. Inggris STKIP Taman Siswa BIma 2017/2018. Jurnal pendidikan bahasa, Vol 7. No. 2.

I made Candiasa. 2017. Strategi Heuristik Untuk Meningkatkan Ketahanmalangan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Seminar Nasional Riset Inovatif ISBN.

Intan Syarifah. 2019. Pengembangan instrument penilaian untuk mengukur kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Abdul Aziz Saefudin. 2012. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.

Wildah, Salwah, Shindy. (2016). Pengaruh kreatifitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal. Vol 2, Nomor 1. Diunduh dari journal.uncp.ac.id.

Ulin Nafi’ah. 2016. Efektifitas Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Psikomotorik dan Kognitif) Pada Pokok Bahasan Cahaya Kelas Kelas VIII SMP Negeri 4 Juwana Tahun Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Claire Wyatt- Smith, J. Joy Cumming. 2009. Educational Assessment in the 21 Century connecting theory and Practice. Australia: Springer.

Ibnu Nanang A. 2016. Penggembangan Instrument penilaian untuk Reading Skill. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Waliyudin & Annisah. 2018. Pre-Questioning Strategy on Reading Comprehension Achievement at the Four Semester of English Program Study STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 8. No. 1.

Erawati. 2012. Penerapan Strategi Heuristik Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Skiripsi.

Jarmila Novotna. 2014. Problem Solving in School Mathematics Based on Heuristic Strategies. ERIES Journal Vol. 7 No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i4.2500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Waliyudin Waliyudin, Ahmadin Ahmadin, Annisah Annisah, Umar Sagaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.