PENGARUH LATIHAN VARIASI PASSING CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING CONTROL PEMAIN PS. LINGSAR TAHUN 2022

P. Muhammad Yusuf, Fadli Zainuddin

Abstract


Perkembangan sepakbola di Nusa Tenggara Barat juga semakin berkembang, dengan banyaknya sekolah sepakbola kategori usia dini sampai dengan pembinaan klub sepakbola di masing - masing daerah yang ada di Nusa Tenggara Barat. Khusus untuk klub sepakbola yang ada di Kab Lombok Barat di Kecamatan Lingsar, PS. Lingsar. Program latihan yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Latihan Variasi Passing Control. Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas passing control pemain PS. Lingsar. Latihan ini juga dilakukan dalam selang waktu tertentu yang dapat memacu kerja jantung dengan lebih keras sehingga dapat menigkatkan konsumsi oksigen dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Latihan Variasi Passing Control Terhadap Kemampuan Passing Control Pemain PS. Lingsar Tahun 2022.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kualitatif, yang bermaksud untuk mengeksplorasi dan klarifikasi suatu fenomena atau fakta sosial, dengan jalan menjabarkan beberapa variabel yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Populasi penelitian ini adalah pemain PS. Lingsar yang berjumlah 15 orang. Perhitungan hasil penelitian dengan tehnik analisis data menggunakan rumus uji t. Uji t digunakan untuk membandingkan antara dua variabel apakah signifikan atau tidak. Hasil penelitian nilai t-hitung (5,39) > dari t-tabel (1,753) dengan dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan nilai rata-rata dari pretest sebesar 126 dan posttest sebesar 155 maka terdapat peningkatan hasil dari latihan yang dilakukan selama pertemuan sesuai dengan program latihan yang direncanakan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 29.


Keywords


Latihan Variasi Passing Control, Passing Control, Sepakbola

Full Text:

PDF

References


Kravitz Len dan Zuhl Micah. 2014. High Intensity Interval Training vs Continuous Cardio Training: Battle of the Aerobic Titans. USA : ACSM Health and Fitness Summit.

Mahardika, I Made Sriundy. 2015. Metodologi Penelitian. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sukadiyanto. 2005. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK UNJ.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 P. Muhammad Yusuf, Fadli Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.