Governance of Higher Education Database Reporting (Pddikti) (Case Study: Xyz University)

Thifal Baraas, Sudirman Sudirman, Asrin Asrin, Dadi Setiadi, Fahruddin Fahruddin

Abstract


Evaluasi dan pemantauan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) di lapangan telah mengungkapkan bahwa sebagian besar masalah dalam pelaporan data PDDikti di perguruan tinggi disebabkan oleh kelemahan dalam tata kelola PDDikti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tata kelola pelaporan PDDikti di Universitas XYZ dengan berlandaskan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan penjaminan mutu. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pejabat yang bertanggung jawab terhadap pelaporan PDDikti, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas di Universitas XYZ memiliki peran sentral dalam menjaga integritas dan kepercayaan dalam penyajian data pendidikan tinggi. Dengan memiliki struktur pelaporan yang jelas, setiap tahap proses pelaporan dapat ditelusuri hingga ke sumber data yang sah. Pelaporan PDDikti yang terbuka dan transparan sangat berperan dalam menjaga kredibilitas data dan informasi yang diberikan kepada pihak eksternal. Kesalahan dalam data dapat mengakibatkan ketidakakuratan dalam informasi yang disampaikan. Transparansi ini berperan dalam membangun kepercayaan dan memungkinkan pihak-pihak terkait untuk lebih memahami kondisi dan kinerja institusi secara menyeluruh. Dalam tata kelola pelaporan PDDikti, penjaminan mutu memastikan bahwa data yang disajikan memiliki kualitas yang baik dan akurat, berkontribusi pada penyediaan informasi yang handal dan bermutu tinggi bagi pihak luar yang menggunakan data tersebut untuk pengambilan keputusan.

Keywords


Tata Kelola; Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti); Akuntabilitas; Transparansi; Penjaminan Mutu

Full Text:

PDF

References


Daniri, M. A., Wahyudi, S., Pangestuti, I. R. D., & Hersugondo. (2023). The Role of Good University Governance for Transformation Towards the Entrepreneurial University. Corporate & Business Strategy Review, 4(1), 167–181.

Fatahillah, I. A., & Jubaedah, D. (2019). Peran Pengelolaan Pangkalan Data Terhadap Akreditasi Studi di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. LP2M UIN SGD Bandung.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2018). Keputusan Sekretaris Jenderal Kemenristek Dikti Nomor 85/A/KPT/2018 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Tinggi.

LLDikti Wilayah VIII. (2022). Evaluasi Pelaporan PDDikti Tahun 2022.

Machmuddah, Z. (2019). Peranan Good University Governance Terhadap Kinerja Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi Indonesia, 8(2), 167–183.

Ngatmari, Musthafa, M. B., Rahmad, C., Asmara, R. A., & Rahutomo, F. (2020). Pemanfaatan Data PDDikti sebagai Pendukung Keputusan Manajemen Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIK), 7(3), 555–564.

Pane, E., & S, K. (2021). Tata Kelola Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dalam Mewujudkan Kampus Berbudaya Mutu. Tahafus: Jurnal Pengkajian Islam, 1(2), 146–153.

PDDikti. (2019). Info untuk Pengelola PDDikti. https://www.instagram.com/p/Bzw0kMwloKs/

Rahutomo, F., Rahmad, C., Musthafa, M. B., & Ngatmari. (2019). Desain Skema Data Warehouse PDDikti sebagai Pendukung Keputusan Perguruan Tinggi. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, 4(1), 90–100.

Sholeh, M. I. (2023). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Membangun Citra Positif Melalui Manajemen Pendidikan yang Berkualitas. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–55. https://doi.org/https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v3i1.622

Sudirman, Asrin, & Rokhmat, J. (2021). Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 5(1), 1–5.

Suti, M., Syahdi, M. Z., & Didiharyono, D. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. Journal of Economic, Management and Accounting, 3(2), 203–214.

Taufiqurrochman, Indrajit, R. E., & Fauzi, M. (2017). Penerapan Business Intelligence dalam Pengambilan Keputusan Akademik yang Tepat untuk Perguruan Tinggi, dengan Memanfaatkan Aplikasi Feeder PDDikti (Studi Kasus pada Universitas Muhammadiyah Jakarta). Seminar Nasional Sains dan Teknologi.

Widyaningsih, A. (2020). Model Penilaian Implementasi Tata Kelola Perguruan Tinggi. In Pendidikan Menuju Indonesia Emas (hal. 1491–1506). UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.6054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Thifal Baraas, Sudirman Sudirman, Asrin Asrin, Dadi Setiadi, Fahruddin Fahruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.