Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Perkalian Bilangan Bulat

Florida Moza

Abstract


Perkalian bilangan bulat merupakan salah satu materi pokok yang diajarkan di kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa tentang perkalian bilangan bulat. Jenis penelitian yang  digunakan dalam penelitian  ini adalah  penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPK St. Paulus Karuni. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes perkalian bilangan bulat yang telah dirancang sesuai dengan soal yang biasa siswa kerjakan yaitu dalam pengerjaan soal tersebut dibuat langkah demi langkah yang membutuhkan siswa menuliskan pengubahannya beserta alasannya. Alasan yang diberikan adalah berupa kontrak dan teorema-teorema yang sesuai yang telah mereka pelajari. Metode pengumpulan data berupa hasil tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) reduksi data (data reduction), (2) paparan data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifying). Hasil  penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang perkalian bilangan bulat seperti kesalahan konsep, kesalahan sintaksis (kesalahan penulisan), kesalahan menghitung (Kesalahan semantik), dan kesalahan melihat tanda operasi

Keywords


Deskriptif Kualitatif; Kesalahan Siswa; Perkalian Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Ate, D. 2(016). Jumping Back And Forth–Permainan Sebagai Microworld Untuk Memperkenalkan Konsep Bilangan Bulat. Yogyakarta : Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Gatot Muhsetyo, dkk. 2015. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Gunawan, Iman. 2014. Metode Penelitian Kualittaif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Karlimah, Nur, L., & Oktaviyani, H. 2019. Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Volume 9 (2) 123-129.

Karso, dkk. 2011. Pendidikan Matematika 1. Jakarta : Universitas Terbuka

Kaune, Christa & Elmar Cohors_Fresenborg. 2017. Kontrak untuk perhitungan, buku kerja untuk siswa kelas 7. STKIP Weetebula : Lembaga Matematika Kognitif.

Mulyati, Sri. 2017. Analisis kesalahan matematika dilihat dari motivasi belajar belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMPN 17 Purworejo.Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Notodiputro, Khairil Anwar. 2013. Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Utami, Lina. 2016. Analisis kesulitan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan dan solusi pemecahannya.Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Florida Moza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.