UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAN KOSA KATA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Islam Ruhama Kota Bekasi)

Nurul Fatekhah, Fitria Budi Utami

Abstract


Nurul Fatekhah. Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B TK Islam RuhamaTahun 2021/ 2022 Bekasi. Universitas Pancasakti Bekasi, 2022.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan dalam Penguasaan kosa kata pada anak kelompok B di TK Islam Ruhama, Kota Bekasi dan (2) untuk mengetahui bagaimana penguasaan kosa kota pada kelompok B di TK Islam Ruhama, Bekasi, dapat ditingkatkan melalui media audio visual, tahun ajaran 2022. Pelaksanaan dari kegiatan penguasan kosa kata anak melalui media audio visual menggunakan video pada kelompok B di TK Islam Ruhama Jatiwarna Pondok Melati Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik  pada usia 5- 6 tahun kelompok B TK Islam Ruhama Pondok Melati Bekasi, tahun ajaran 2022. Dikarenakan hasil pra penelitian, menunjukkan jumlah siswa dari 20 anak ada 9 orang anak yang penguasaan kosa kata belum berkembang atau BB dan 6 anak MB serta 5 anak BSH. Pelaksanaan kegiatan menggunakan media laptop, dan proyektor pra tindakan menunjukkan kemampuan anak dominan berada pada kriteria berkembang sesuai harapan sebesar 40% meningkat pada siklus I sebesar 60% terlihat dari mulai tahapan persiapan anak sangat antusias dalam menyebutkan bunyi huruf awal yang sama sesuai kelompok gambar, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf serta membaca dan menuliskan nama sendiri. Hasil tindakan siklus II sebesar 80%, hal tersebut  dapat diketahui bahwa dengan berinteraksi secara langsung dengan anak dan mengamati kegiatan anak, wawasan anak semakin bertambah dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi anak, dengan penggunaan benda yang konkret.

Keywords


Media Audio Visual, Penguasaan Kosa Kata, TK Islam Ruhama

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.3997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Fatekhah, Fitria Budi Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.