Pemahaman Istilah Bahasa Inggris Dalam Rekam Medis Pada Petugas Rekam Medis Di Puskesmas Parak Karakah

Nila Mayasari

Abstract


Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama Penyimpanan adalah sistem penataan rekam medis dalam suatu tempat yang khusus agar penyimpanan dan pengambilan menjadi lebih mudah dan cepat. Rekam medis adalah rekaman atau catatan mengenai siapa, apa, mengapa, bilamana dan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pasien selama masa perawatan Family folder adalah catatan tentang kondisi kesehatan. Family folder adalah catatan tentang kondisi kesehatan, sebagai akibat masalah kesehatan atau penyakit yang tersimpan pada satu map dokumen rekam medis. Personal Folder adalah jenis penyimpanan berkas rekam medis dimana satu berkas rekam medis digunakan oleh satu pasien sejak awal hingga akhir perawatan diberikan, maupun sejak pasien mendaftar pertama kali hingga pasien menjadi pasien inaktif. jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang meliputi metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian ini akan mencari kenapa adanya perubahan sistem penyimpanan yang ada di puskesmas Parak Karakah dari family folder ke personal folder. Peubahan ini sering terjadi berubah ubah karana menurut petugas rekam medis yang bertugas disana mereka belum bisa memutukan mana sistem penyimpanan yang seharusnya dipakai dan sesuai dengan perundang –undangan tentang Rekam Medis.


Keywords


Sistem penyimpanan, Family folder, Personal folder.

Full Text:

PDF

References


Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Rustiyanto, Ery. 2009. Etika Profesi Perekam Medis & Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Permenkes Nomor 269/Menkes/Per/2008 Tentang Rekam Medis.

Budi, Savitri Citra. 2011. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

IFHIMA (International Federation of Health Information Management Associations). 2012. Module 7 Administration and Management of the Health Record Department. Education Module For Health Record Practice. Available from: www.ifhima.org.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nila Mayasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.