Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Penghasilan Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V DI UPTD SDN Gili Timur 2

Widia Jala Setyaningrum, Ihwan Firmansyah, Zainal Arifin

Abstract


Orang tua memiliki peran terbesar dalam proses pendidikan anak terutama dirumah, karena saat dalam kandungan hingga lahir ke dunia, anak secara otomatis mengalami pendidikan informal yaitu pendidikan yang di dapat dari orang tua dan lingkungannya. Tingkat pendidikan orang tua dalam mendidik anaknya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Peran orang tua dalam memberikan dukungan berupa fasilitas belajar, perhatian, motivasi dan pengawasan kepada anaknya ikut memberikan andil. Jika anak memiliki fasilitas belajar yang memadai, maka motivasi dalam belajar akan lebih baik yang berdampak pada hasil belajar yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan soal dengan responden sebanyak 20 siswa dan sebanyak 20 orang tua siswa. Angket respon siswa digunakan untuk pengambilan data motivasi dan prestasi belajar siswa, sedangkan angket respon orang tua digunakan untuk pengambilan data tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua. Uji korelasi berganda tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua terdapat hubungan terhadap motivasi belajar siswa karena diperoleh nilai signifikan 0,020 < 0,05. Sedangkan tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua tidak terdapat hubungan terhadap prestasi belajar siswa karena diperoleh nilai signifikan 0,249 > 0,05.

Keywords


Tingkat Pendidikan Orang Tua, Penghasilan Orang Tua, Motivasi, Prestasi

Full Text:

PDF

References


Agus Supandi. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa, (January).

Anjarsari, R. O. ; dkk. (2013). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGHASILAN DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 5 MADIUN TAHUN AJARAN 2012/2013. Pengaruh Penjualan Kredit terhadap Laba Perusahaan Pada CV Rodalink Madiun, 1–13.

DPR RI. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Diakses pada tanggal 27 November 2021, dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia: https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Diakses pada 04 Januari 2022 dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Widia Jala Setyaningrum, Ihwan Firmansyah, Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.