PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL TOUR MUSEUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rosmah Rosmah, Suparman Suparman, Veni Rori Setiawan

Abstract


Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan masih rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Plampang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis virtual tour museum terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Desain penelitian yang digunakan dirancang dengan merujuk pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method). ).desain Concurrent Embedded Design yaitu model yang mengombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif dalam waktu bersamaan. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA dan X IPS yang terdiri dari 4 kelas sejumlah 129 orang dan sampel pada penelitian kelas X IPS 2 sejumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan test.

Dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil uji hipotesis menggunakan uji anacova dan uji t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya bahwa nilai sig < 0,05 serta pearson correlation (t) sebesar 0,861. Sehingga H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disImpulkan terdapat pengaruh pengguna   media pembelajaran berbasis Virtual tour museum terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik serta terdapat korelasi antara minat dan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Plampang.

Kata Kunci: Media pembelajaran, virtual tour museum, minat belajar, hasil belajar


Keywords


Media pembelajaran, virtual tour museum, minat belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosmah Rosmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.