Analisis Kesalahan Gramatika Dalam Makalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Pada Matakuliah Bahasa Indonesia Semester II

Supriadin Supriadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaiamana kesalahan struktur kalimat dalam makalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan  pada mata kuliah Bahasa Indonesia semester II dan (2) mengetahui bagaimana kesalahan pembentukan kata dalam makalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan  pada mata kuliah Bahasa Indonesia semester II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu makalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan  pada mata kuliah Bahasa Indonesia semester II, sedangkan objek penelitiannya adalah kesalahan struktur kalimat serta kesalahan pembentukan kata pada makalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan  pada matakuliah Bahasa Indonesia semester II. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan struktur kalimat yang terdapat dalam makalah terjadi karena mahasiswa sering melakukan kesalahan penggunaan kata sehingga kalimat-kalimat tersebut menjadi pragmentaris, pleonastis, kontaminasi, ambigu, tidak ringkas, dan tidak padu dan (2) kesalahan pembentukan kata yang terjadi dalam makalah yang diteliti terjadi karena kesalahan penggabungan kata dasar yang berawalan [k], [p], [t], dan [s] dengan awalan meN-.

Keywords


Analisis Kesalahan, Kalimat, Pembentukan Kata

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Putrayasa, IB. 2008. Kajian Morfologi (Bentuk Derivaksional dan Infraksional). Bandung: Refika Aditama.

. 2009. Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Sudiara, I Nyoman Seloka. 2008. Modul Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuatitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. 1998. Pengajaran Analisis Kesalahan. Bandung: Angkasa

Wendra, I Wayan. 2011. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Supriadin Supriadin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.