Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif MONIPA Terhadap Hasil Belajar Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari di Kelas VI SDN I Keresek.

Uun Hasanah, Omin Omin, Nuraeni Nuraeni

Abstract


Abstrak -Siswa sekolah dasar masih berpikiran konkret sehungga kegiatan pembelajaran di sekolah tidak bisa lepas dari penggunaan multimedia pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dan meningkatkan prestasi belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan menggunakan media pembelajaran MONIPA Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode cooperative learning dengan media MONIPA dapat meningkatkan pemahaman materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas VI di SDN I Keresek. (2) Peningkatan taraf keberhasilan hasil belajar pada aspek pemahaman materi pada siklus pertama ke siklus kedua sebesar 59,58% dengan tingkat keberhasilan pada siklus pertama sebesar 31,9% dan tingkat keberhasilan pada siklus 2 sebesar 91,48%. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi nilai-nilai pancasila secara terus menerus di SDN I Keresek.


Keywords


Media MONIPA, Hasil Belajar, Nilai-nilai Pancasil



DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Uun - Hasanah, Omin - -, Nuraeni - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.