The Influence of Interactive Multimedia E-dictionary cards on the English Learning Outcomes of Class VII Middle School Students

Zakia Azzahra Maifa, zuliarni zuliarni, eldarni eldarni, novrianti novrianti

Abstract


Pengaruh penggunaan multimedia interaktif e-dictionary card terhadap hasil belajar siswa dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berbentuk experiment. Penelitian dilakukan terhadap 60 siswa, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang berjumlah 252 orang yang terdiri dari 8 kelas dan sampel kelas VII.7 (kelas kontrol) dan VII.8 (kelas eksperimen). Data dikumpulkan melalui pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi serta melalui pemberian tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa data memiliki pola distribusi yang serupa dengan distribusi normal dan memiliki tingkat homogenitas yang seragam. Selain itu, penggunaan multimedia interaktif e-dictionary card memiliki pengaruh  yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Secara keseluruhan, dapat di simpulkan  dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan multimedia interaktif e-dictionary card dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. oleh peserta didik di SMPN 7 Padang kelas VII memiliki potensi untuk mencapai peningkatan hasil belajar para murid.

Keywords


Hasil Belajar Multimedia Interaktif e-dictionary card Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Atibrata, T. G., Nugroho, W., & Azmi, U. (2019). Multimedia interaktif pembelajaran bahasa inggris materi “expressions” pada siswa sekolah menengah pertama. LingTera, 6(2), 172-181.

Ly, G. F. P., Dao Samo, D., & Karlina Sensiana Blegur, I. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif Pada Materi Fungsi Komposisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 136–151.

Noge, M. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP. Journal of Education Technology, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13801

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.6099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zakia Azzahra Maifa, zuliarni zuliarni, eldarni eldarni, novrianti novrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.