Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Survei di Madrasah Ibtidaiyah Yasda Jakarta Selatan)

Salman Al Farisi, Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya beberapa pendidik yang mengalami penurunan kinerja sehingga mengakibatkan penyelenggaraan pendidikan tidak optimal. Maka diharapkan kepala sekolah dapat mendisiplinkan, mengawasi, dan membina pendidik agar proses pendidikan di sekolah berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data valid tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah YASDA Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik korelasional. Jumlah populasi yang digunakan yaitu 17 tenaga pendidik. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu semua tenaga pendidik yang berjumlah 17 alasan karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan teknik sensus sampel. Hasil penelitian yaitu rxy didapatkan sebesar 0,439 yang terletak antara 0,40 - 0,70 berdasarkan pedoman tabel angka indeks korelasi product moment, maka dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X dan variabel Y yaitu termasuk sedang/cukup. Hal ini disebabkan karena budaya sekolah yang sudah terbentuk dengan sangat baik dan seluruh warga sekolah telah dapat menjalankan perannya masing-masing dengan baik tanpa harus menunggu perintah dan pengawasan kepala sekolah

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah Kinerja Guru Pemimpin Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Aziz, Hamka Abdul. Karakter Guru Profesional, Jakarta: Al-Mawardi Prima. 2012.

Budiyanto, Mangun. Guru Ideal: Prespektif Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016.

El-Banjary, Jamaluddin. Inpiring Headmaster: 7 Katalis Sukses Menjadi Kepala Sekolah, Jakarta: Alex Media Komputindo. 2021.

Hafidulloh. dkk. Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru, Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2021.

Masrum. Kinerja Guru Profesional, Purbalingga: Media Aksara. 2021.

Nafi, Muhammad. Pendidikan Dalam Konsepsi Imam Al-Ghazali, Yogyakarta: Deepublish. 2017.

Nizar, Samsul dan Hasibuan, Zainal Efendi. Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis: Telaah Historis Filosofis, Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

Pianda, Didi. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sukabumi: CV Jejak. 2018.

Ratna, Yat Wahdiyat dan Palupi, Warananingtyas. Modul Perencanaan dan Pengembangan Sekolah: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah 2017. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2017.

Mulyasa, H.E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Rismawati dan Mattala. Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan, Jakarta: Celebes Media Perkasa. 2018.

Rizali, Ahmad. dkk. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional, Jakarta: PT Grasindo, 2009.

Sidiq, Umar dan Khoirussalim. Kepemimpinan Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2021.

Sugiarto, Husaini Usman dkk. Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan PSDMP dan PMB Kementrian Pendidikan Nasional, 2011.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salman Al Farisi, Firdaus Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.